Laman

Minggu, 17 April 2016

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Menggunakan Alat Penangkap Sinyal



Anda menginginkan koneksi internet yang cepat dan murah ? kini saatnya anda beralih pada Wifi, ada banyak jasa penyedia wifi di Indonesia, diantara yang paling terkenal adalah Wifi Id, beserta jajarannya. Kehadiran wifi Id ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dengan harga yang terjangkau. Kabarnya wifi Id akan segera memperluas koneksinya hingga mencapai seluruh pelosok Indonesia.
Semakin dekat kadiaman kita dengan pemancar (acces point) wifi id, maka akan semakin cepat pula koneksi internetnya. Lalu, bagaimana dengan mereka yang jauh dari pemancar wifi id ? apakah mereka tidak bisa menikmati layanan dari wifi id ? tentunya bisa, wifi id menyediakan router untuk para masyarakat yang siap menjadi langganan wifi id. Tapi tentunya ini akan lebih terikat, soalnya kalau langganan harus bayar tiap bulan, nah bagaimana dengan mereka yang tidak terlalu sering internetan namun menginginkan koneksi internet yang cepat dan murah ? nah bagi masyarakat Indonesia, berbagai cara dapat digunakan, selama cara tersebut tidak merugikan orang lain.
Atau mungkin di dekat rumah anda ada penyedia wifi gratis, namun wifi tersebut jaringannya kurang mendukung didalam rumah anda, tidak ada kata menyerah. Pasti ada solusi disetiap kesulitan. Awalnya juga saya agak kesulitan, namun setelah mencari berbagai informasi di google, akhirnya saya banyak nemuin alat untuk nangkap sinyal wifi yang lemah. Yah langsung saja, kita bahas alat-alat yang dapat memperkuat jaringan wifi anda.

1   1. Wifi Repeater



yang pertama saya temukan adalah Wifi Repeater, cara kerja alat ini yaitu menerima sinyal wifi kemudian memancarkannya kembali dengan frekwensi yang lebih kuat. Menurut saya alat ini cukup simpel, ukurannya pun saya rasa cukup kecil. Cara menggunakannya ialah dengan mencolokkannya pada stop kontak di rumah anda, kemudian anda setting dari laptop, komputer, ataupun gadged anda. kalau bicara masalah harga, ada bermacam-macam harga yang beredar di pasaran, mulai dari yang termurah sekitar 100 ribuan, sampai yang termahal sekitar 400 ribuan. Kami disini hanya meringkas saja, bila anda tertarik dengan alat ini silahkan anda cari informasi yang lebih lengkap dari Google dengan kata kunci Wifi Repeater.

      2. Acces Point (AP)



Saya kembali mencari informasi di Google, walaupun koneksi internet saat itu kurang mendukung, namun saya kembali menemukan alat yang sepertinya akan lebih baik daripada wifi repeater. Acces point yang saya maksud di sini adalah sebuah alat yang ditaruh diluar rumah (out door). Diluar sana ada banyak merek acces point, namun lagi-lagi yang saya bidik adalah Acces Point merek TP Link. Tapi, tp link punya banyak tipe Acces Point ? disini saya kembali dipusingkan untuk memilih diantara berbagai tipenya. Saya memiliki dua pilihan, yaitu: TP Link APWA7210N dan TP Link AP WA5210G  ,dan masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Kemungkinan bagi yang awam terhadap hal ini akan merasa kebingungan, memang kelihatannya agak rumit, namun kerumitannya akan terbayarkan dengan kinerjanya yang bagus. Oh iya, alat ini bukan hanya berfungsi sebagai penangkap sinyal wifi saja namun ada 7 kelebihan dari alat ini, yaitu:

   1. AP Client Router  – Wirelessly connect to WISP station/hotspot to share Internet to local wireless and wired network. Fungsinya menangkap signal ISP nirkabel yang ada di dekat lokasi TP Link
2. AP Router  – Wired connect to ADSL/Cable Modem via WAN port and share Internet to local wireless and wired network. Membagi internet kepada orang lain.
3. Access Point  – Transform your existing wired network to a wireless network. Internet yang tak ada wifi bisa disharing ke orang lain.
4. Multi-SSID  – Create multiple wireless networks to provide different security and VLAN groups. membuat SSID jadi beberapa.
5. Repeater(Range Extender)  – Extend your existing wireless coverage by relaying wireless signal. Signal Wifi yang sudah ada ditangkap lalu diteruskan kembali. Seperti wifi repeater yang sebelumnya saya telah jelaskan.
6. Bridge with AP  – Combine two local networks via wireless connection. Ini harus butuh 2 TL-WA7210N lalu dikonek jarak jauh.
7. Client  – Acting as a “Wireless Adapter” to connect your wired devices (e.g. Xbox/PS3) to a wireless network. Ini membuat perangkat entertaiment yang tidak ada wireless jadi ada wireless.



Yah kedengaran rumit, namun bila anda hanya ingin menangkap sinyal wifi di sekitar rumah anda, anda tidak perlu memusingkan poin poin di atas, cukup anda pilih Repeater (Range Exender) poin ke 5. Masalah harga, saya cek di website resminya harganya Rp 500.000,-  saya cek kembali di Lazada kelihatannya agak naik harganya, sekitar Rp 600.000,an. kalau di Bukalapak, ada banyak harga, soalnya Bukalapak punya banyak toko yang berbeda dan setiap toko menginginkan harga yang berbeda. Yang paling murah di Bukalapak berharga 500.000 lebih. Anda bisa pelajari lebih lengkap di Google.

3.       USB Wifi



Ada banyak macam USB Wifi, alat ini cukup simpel. Karena alat ini terkonek dengan laptop menggunakan USB,  saya katakan simpel juga karena alat cukup kecil ada yang seukuran modem, adapula yang sangat kecil sebagaimana anda lihat pada gambar di bawah.


 Usb wifi ini juga dapat anda bawa kemana-mana, beda halnya dengan AP (Acces Point) yang hanya ditempatkan diluar rumah, lagipula walaupun AP bisa dibawa-bawa tentunya sangat rumit, mengingat ukuran AP yang terbilang besar. Alat ini sangat cocok bagi anda yang gemar bepergian namun tetap ingin wifi-an dengan koneksi cepat. Ataukah anda mempunyai sebuah Komputer yang tidak mempunyai alat penangkap wifi seperti laptop dan android, anda bisa colokkan wifi adapter ini. Oh iya, berdasarkan informasi yang saya dapatkan, adapula orang yang menggunakannya dengan hp android mereka, saya juga belum membuktikan, namun sepertinya bisa, yaitu menggunakan sebuah kabel dengan 2 ujung berbeda, yang satu adalah USB Port dan ujung yang satu adalah colokan ke HP anda. Jika anda paham, anda silahkan berkreasi sendiri. Harga USB Wifi beragam di pasaran, mengingat bahwa usb wifi juga beragam merek dan tipenya. Terserah dari anda ingin membeli merek dan tipe yang mana, namun saya sarankan agar membeli TP Link WN722N, anda tidak perlu pusing mencari tipe dan merek yang beragam di pasaran. Karena TP Link WN722N ini telah saya buktikan sendiri kehebatannya.

 Dan juga merek dan tipe tadi banyak dijual di berbagai toko eletronik yang ada di Indonesia. Anda ingin review lengkap tentang TP Link wn722n ? silahkan kunjungi artikel kami yang lain: Review TP Link WN722N

4.       Router



Saya juga menyertakan alat ini karena saya melihat alat ini banyak dipakai oleh masyarakat. Bahkan wifi id pun memberikan router kepada pelanggannya. Kenapa harus router ? karena router lebih mudah untuk diaplikasikan, tidak perlu manjat atap rumah. Roter tinggal di colokkan ke stop kontak, atur sana atur sini dan siap digunakan, dan router tersebut mudah untuk ditarik kembali oleh penyedia wifi apabila pelanggannya tidak sanggup membayar ongkos wifi bulanan, karena alat ini akan dipinjamkan kepada pelanggan yang siap membayar iuran wifi tiap bulannya.

 Namun bila anda ingin membeli dan memiliki sendiri, itu bukan masalah, router banyak dijual diberbagai toko komputer. router yang sudah modern biasanya dilengkapi dengan teknologi MIMO, yaitu teknologi dimana sinyal tidak terpengaruh dengan berbagai halangan seperti rumah dan gedung-gedung. Bicara masalah harga, roter memiliki rentan harga yang berbeda, mulai dari ratusan ribu hinggan dengan jutaan rupiah. Tergantung dari anda mana yang cocok dengan ketergantungan anda pada internet.

Semoga artikel carijalan kali ini dapat menambah wawasan kita semua, kalau memang anda ingin koneksi internet yang cepat silahkan anda memantapkan hati untuk membeli salah satu alat yang menurut anda cocok. Kalau anda masih kurang mengerti, anda bisa kunjungi blog yang lain yang mungkin menurut anda lebih lengkap. Segala kekurangan mohon dimaklumi. Sekian dan terima gaji.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar