Laman

Senin, 04 April 2016

Kelebihan dan Kekurangan Internet



Remaja, Ibu-Ibu, Guru, Orang tua, Lansia, petani, nelayan, pa’goyang becak, orang miskin maupun kaya semuanya sepertinya sudah sangat lincah untuk bermain di dunia maya ini. Pasalnya internet ini sudah menjangkau ke seluruh elemen masyarakat,
baik yang ekonominya rendah maupun yang tingkat sesejahteraannya tinggi, walaupun mereka beda kecepatan internet, tetap saja tak bisa dipisahkan dari internet. Tak jarang kita melihat orang yang lalu lalang tak bosan-bosannya menatap layar gadgetnya. Yah, sejak berkembangnya teknologi internet, begitu banyak perubahan yang terjadi di dunia ini. Ada baiknya, namun ada pula buruknya. Memang seharusnya seperti itu, karena kebaikan dan keburukan selalu bergandengan. Setiap benda selalu saja memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan internet. Dan kali ini kami akan membahas masalah kelebihan dan kekurangan internet, silahkan anda simak dengan seksama.

a.       Kelebihan Internet


Hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia sangat bergantung kepada Internet, buktinya mereka senantiasa ter-connect dengan dunia maya ini, walaupun mahal, tetap saja mereka membeli paket internet yang dijual di konter-konter di tempat mereka. Itu wajar saja, karena internet menjadi sumber informasi dan berbagi informasi, walaupun sebenarnya internet bukan satu-satunya sumber informasi, tetap saja menjadi prioritas. Dan akhirnya ini dia kelebihannya:

1.       Dapat Mencari Informasi


Rasanya informasi di dunia maya tak akan ada habis-habisnya, berbagai macam berita dimuat di sini, mulai dari berita hoax (bohong) sampai berita yang memang nyata. Tercampurnya berita bohong dan yang benar, akan membuat para pembacanya akan sulit percaya. Adakalanya berita bohong disangka berita yang benar-benar terjadi, sementara ada berita yang benar-benar terjadi ternyata hanya hoax. Begitulah, sehingga bila mendapat berita dari dunia maya ini, kita harus meneliti lebih dalam. Disinilah kita akan terlatih untuk teliti. Dan mesin pencari nomor 1 di dunia adalah Google, siapa sih yang gak kenal om GOOGLE ?, siapa sih yang gak tahu buka GOOGLE ? kalau memang anda belum tahu membuka Google, silahkan anda kunjungi artikel kami: CARA MEMBUKA GOOGLE 

2.       Dapat Menjadi Alat Berkomunikasi Jarak Jauh


Untuk berkomunikasi dari jarak jauh saat ini lebih mudah dari beberapa ratus tahun lalu, bayangkan saja hanya untuk memberi tahu kabar saja mereka harus mengirimkan surat yang lama pengirimannya bisa sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kita sangat bersyukur, di zaman ini kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan mudah. Yah, lagi-lagi dunia maya ini menjadi alat nomor 1 yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Berbagai aplikasi bermunculan, mulai dari Facebook, Twitter, BBM, Instagram, dan sebagainya. Untuk masalah kirim mengirim surat, anda bisa kirim lewat e-mail.

3.       Sebagai Alat Bisnis 

Anda mungkin sudah sering lihat berbagai macam iklan-iklan toko penjualan secara online di TV. Sudah sangat banyak jumlahnya toko-toko online di Indonesia. Mereka menggunakan internet ini sebagai media untuk berbisnis. Dan itu sudah terbukti, kita bisa lihat betapa suksesnya mereka. Sebenarnya anda juga bisa, kalau anda punya keberanian. Tidak hanya toko online saja, alat transportasi juga sudah dapat kita panggil secara online. Ini akan mempermudahkan penumpang untuk mencari tumpangan, dan tumpangan juga akan semakin mudah untuk mencari penumpang. Tinggal menunggu di pangkalan saja, dengan bermodalkan kendaraan dan gadget. Berbagai macam bisnis dapat anda bangun di sini, bukan hanya toko online dan transportasi online, tapi anda bisa membuka usaha lain yang mungkin belum pernah diciptakan sebelumnya.

4.       Dapat Menjadi Hiburan


Sebagian besar orang menjadikan internet sebagai hiburan, untuk menghibur diri biasanya mereka nonton you tube, atau instagram dan sebagainya. Bahkan bermain Facebook pun terkadang bukan sekedar untuk mencari informasi ataupun berkomunikasi, namun juga dapat menjadi hiburan buat mereka yang selalu galau hatinya. Yang lebih banyak remaja lakukan di internet adalah bermain game online, selain menambah keseruan dalam bermain game, juga dapat menjadi hiburan. Baca juga TIPS AGAR BERMAIN GAME ONLINE LEBIH MENYENANGKAN

a.       Kekurangan Internet


1.       Banyaknya Permainan Yang Ilegal Di Internet


Maksudnya adalah banyak game yang terlarang tapi bertebaran di dunia maya. Misalnya judi, hal ini tentunya dilarang baik dari agama maupun pemerintah. Namun pembaca, game judi biasa dimainkan secara online dengan jarak jauh. Main langsung maupun secara online sama-sama haram. Tidak hanya itu, ternyata ada pula game yang memiliki unsur menghina agama, utamanya Islam. Tentunya ini akan merusak moral remaja Indonesia. Silahkan baca di sini: INILAH GAME-GAME YANG TIDAK KITA SADARI TELAH MENGHINA ISLAM.

2.       Maraknya Terjadi Penipuan Melalui Internet



Internet menjadi salah satu alternatif bagi para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, beberapa kejahatan maraknya awalnya terjadi lewat dunia maya. Berbagai penipuan bisa terjadi, mulai dari kerugian berupa uang hingga kerugian jasmani. Karena di Internet semua bisa direkayasa, hingga membuat korbannya terpedaya.

3.       Tersebarnya Berbagai Konten Berbahaya


Khususnya bagi para muda mudi yang lebih banyak mengakses internet tentunya lebih dominan terseret kepada konten-konten yang tidak baik untuk mereka. Dengan berkembangnya teknologi internet, membuat para muda mudi bahkan anak di bawah umur dapat dengan bebas untuk mengakses segalanya tak terkecuali konten-konten yang tentunya kurang baik untuk mereka. Apalagi di zaman ini, yang anak ingusan aja sudah dibelikan oleh orang tua mereka gadget yang canggih. Disinilah awal terjadinya bencana pada generasi kita. Nah, sebenarnya untuk menangkal konten-konten yang berbahaya bagi anak ada caranya, ada beberapa aplikasi yang depat menyaring konten-konten yang kurang cocok buat mereka. Cari sendiri di Google.

4.       Menjadi Ajang Untuk Mengumbar Aurat


Terkadang saya tertawa sendiri, melihat berbagai foto eksis seorang perempuan yang tidak memakai kerudung di Facebook, padahal ia adalah seorang muslimah !. ini tentunya tidak bisa dikatan sebagai perkara kecil. Karena semakin banyak yang melihat fotonya yang mengumbar aurat, maka semakin banyak pula dosa yang ter-“transfer” kepada orang tersebut. Itulah kami menghimbau kepada orang-orang yang gila foto, agar kalau berfoto yang sopan-sopan saja. Jangan terlalu berlebihan. Apalagi di zaman ini yang sedang trend yang namanya selfi, untuk mendapatkan hasil selfi yang greget mereka rela manjat di gedung yang tinggi atau tempat-tempat berbahaya lainnya. Itulah yang mengakibatkan berjatuhannya para korban selfi.

5.       Dimana Rahasia Tidak Lagi Menjadi Rahasia


Saya juga heran ? kenapa semudah itu orang-orang mengungkap rahasianya di media sosial ? tidakkah mereka sadar bahwa rahasianya itu akan terbongkar ? ataukah mereka tidak tahu bahwa itu adalah rahasia. Begitu banyak rahasia yang terbongkar, baik itu rahasia pribadi maupun rahasia suatu lembaga, perusahaan, organisasi, atau lainnya. Terbongkarnya sebuah rahasia akan berakibat fatal. Contoh sebuah perusahaan punya sebuah rahasia, perusahaan itu bisa saja bangkrut apa bila rahasianya terbongkar. Tak kalah pentingnya lagi apalagi bila rahasaia itu adalah rahasia militer, suatu militer akan dapat diketahui kelemahannya dan dikalahkan. Tapi selama tidak ada tangan-tangan jahat, insya Allah rahasia-rahasia itu akan tetap aman. Tapi bagaimana bila lahir tangan-tangan jahat yang tidak bertanggung jawab ? silahkan anda prediksi sendiri akibatnya.

 6.       Sebagai Ajang Untuk Pamer 

Untuk sebagian orang yang suka pamer, mereka akan memamerkan harta, tahta, pangkat, bahkan yang lebih heboh yaitu orang yang memamerkan harta termahalnya!. Pamer sebenarnya tidak baik bila digandengkan dengan kesombongan, apabila pamer itu hanya sekedar untuk menawarkan produk, maka itu boleh-boleh saja, itu kan bisnis. Selama tidak terdapat kesombongan didalamnya. Yang memalukan adalah orang-orang yang memamerkan hartanya yang sesungguhnya hanyalah hoax atau tidak ada. Sebagai contoh seorang istri ini memamerkan selusin uang di media sosial, selang beberapa hari setelahnya, ia dibunuh oleh pencuri yang ingin merampok uang yang ia pamerkan di media sosial. Tapi sialnya uang itu tidak ada. Sungguh mengharukan nasibnya. Semoga kita terhindar dari berbagai kejahatan di dunia maya ini.

Mungkin hanya itu saja yang dapat ane tulis di blog ini, semoga kita dapat memanfaatkan internet ini dengan benar, kita ambil manfaatnya dan sebisa mungkin kita hindari berbagai keburukannya, sebab kita bisa menghindarinya. Semuanya tergantung dari anda masing-masing, kalau anda orang baik-baik, pasti akan memilih yang baiknya saja dari internet ini.

Sekian, silahkan anda berkomentar dengan bahasa yang baik: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar